Langsung ke konten utama

Avo Meter ( Multitester )


PENGERTIAN AVO METER ( MULTITESTER )
AVO meter ( Multitester ) adalah alat yang digunakan untuk mengukur jumlah resistansi ( tahanan ), tegangan AC (Alternating Curent ), tegangan DC ( Direct Current) dan arus DC.
 

BENTUK AVO METER



BAGIAN – BAGIAN AVO METER


 


Meter Korektor
Meter Korektor  yang berguna untuk menyetel jarum AVO meter kearah nol.  

Range Selector Switch 
Range Selector Switch merupakan sacral yang dapat diputar sesuai dengan kemampuan batas ukur yang dipergunakan untuk memilih posisi pengukuran dan batas ukurnya.

Terminal (+) dan Com ( - )
Terminal ( + ) dan Com ( - ) digunakan untuk mengukur Ohm, AC Volt, DC Volt dan DC mA ( yang berwarna merah +  dan warna hitam –. 

Pointer ( jarum )
Pointer ( jarum ) merupakan sebatang pelat yang bergerak ke kanan ank e kiri yang menunjukkan besaran. 

Mirror ( cermin ) 
Mirror ( cermin ) sebagai batas antara Ohm meter dan Volt meter.

Scale ( skala )
Scale ( skala ) berfungsi sebagai skala pembaca meter.

Zero Adjustment
Zero Adjusment adalah pengatur jarum pada kedudukan nol ketika menggunakan Ohm meter. 

Angka-angka batas ukur
Angka-angka batas ukur adalah angka yang menunjukkan batas kemampuan alat ukur. 

Kotak Meter 
Kotak meter adalah kotak tempat melekatnya komponen-komponen AVO meter.

JENIS AVO METER ( MULTITESTER )

AVO meter Analog 
AVO meter ini menggunakan sebagai penunjuk skala. Untuk memperoleh hasil pengukuran, maka harus dibaca berdasarkan rangenya. Keakuratan hasil pengukuraner  daRI AVO meter ini dibatasi oleh lebar dari skala pointer, getaran dari pointer, keakuratan pencetakan gandar, kalibrasi nol, dan jumlah rentang skala.

Avo meter Digital
AVO meter Digital menggunakan Display yang langsung dapat menampilkan hasil pengukuran berupa angka – angka. AVO meter ini tidak perlu melakukan kalibrasi lagi sebelum melakukan pengukuran. Selain itu, ketelitian pengukuran AVO meter ini lebih bagus daripada yang Analog


SKALA MAKSIMUM PADA AVO METER

Skala Maksimum ( SM )  merupakan batas nilai tertinggi pada panel meter

Skala Maksimum yang digunakan untuk membaca saat mengukur resistansi. Dimana penunjuk jarum pada simpangan paling ujung kanan merupakan nilai resistansi paling kecil sedangkan simpangan paling kiri untuk jarum yang mengidentifikasikan nilai resistansi paling besar. Karena nilai skala resistansi  (Ohm) paling kiri memiliki angka paling besar, sedangkan paling kanan nilainya nol. 
Pada gambar di bawah ini diperjelas untuk Skala Maksimum pengukuran arus, tegangan AC ataupun DC. Ada tiga nilai yang umumnya dipakai pada Avo Meter analog yaitu Skala Maksimum 10, 50 dan 250.


 




 
   


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kalimat Penutup Kultum

Versi 1 Demikian uraian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat bagi kita sekalian, Mohon maaf yang sebesar-besarnya atas segala kekurangan. Wassalamua'alaikum Wr.Wb Versi 2 Sekian uraian yang saya sampaikan mudah-mudahan ada manfaatnya bagi kita semua, Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hai. Wassalamua'alaikum Wr.Wb Versi 3 Mohon maaf jika banyak kata-kata saya yang salah dan banyak kekurangan, ambil baik dari pembahasan tadi dan buang hal yang buruknya.  Wabilahitaufik Walhidayah.  Wassalamua'alaikum Wr.Wb Versi 4 Demikian yang dapat saya sampaikan kurang dan lebihnya saya mohon maaf. Wabilahitaufik Walhidayah.  Wassalamua'alaikum Wr.Wb

Harddisk

PENGERTIAN HARDDISK Harddisk merupakan media penyimpan yang didesain untuk dapat digunakan menyimpan data dalam kapasitas yang besar. Hal ini dilator belakangi adanya program aplikasi yang tidak memungkinkan berada dalam 1 disket dan juga membutuhkan media penyimpanan berkas yang besar misalnya database suatu instansi.   Harddisk mempunyai mekanisme yang berbeda dan teknologi bahan yang tentu saja lebih baik daripada disket biasa. JENIS-JENIS HARDDISK 1      IDE ( Integrated Drive Electronics ) IDE (Integrated Drive Electronics) merupakan standar interface antara bus data motherboard komputer   dengan disk storage. IDE interface di buat berdasarkan IBM PC Industry Standard Architecture (ISA) 16-bit bus. Interface dari IDE adalah interface untuk storage devices yang dapat teringrasi untuk disk atau CD-ROM drive. 1      ATA   ( Advanced Technology Attachment ) Kebanyakan type drive yang digunakan oleh para peng

Kultum Singkat 3 Pesan Nasihat Rosul

Rasulullah Shallahu ‘alaihi wassalam pernah memberikan tiga buah nasihat kepada kedua sehabatnya, Abu Dzar Jundub bin Junadah dan Abu Abdurrahman bin Jabal: “Bertakwalah kamu kepada Allah dimanapun kamu berada, dan ikutilah kesalahanmu dengan kebaikan niscaya ia dapat menghapuskannya. Dan pergaulilah manusia dengan akhlak terpuji.” [HR. Tirmidzi]. Tiga pesan Rasulullah Shallahu ‘alaihi wassalam tersebut layak untuk kita perhatikan, karena sangat berkaitan erat dengan kehidupan kita sehari-hari. 1. BERTAQWA DIMANA SAJA Definisi dari kata taqwa dapat dilihat dari percakapan antara sahabat Umar dan Ubay bin Ka’ab ra. Suatu ketika Umar bertanya kepada Ubay bin Ka’ab, apakah taqwa itu? Dia menjawab; “Pernahkah kamu melalui jalan berduri?” Umar menjawab; “Pernah!” Ubay menyambung, “Lalu apa yang kamu lakukan?” Umar menjawab; “Aku berhati-hati, waspada dan penuh keseriusan.” Maka Ubay berkata; “Maka demikian pulalah taqwa!” Sementara itu, menurut Sayyid Qutub, taqwa adalah kep